JOBDESK DAN
BUSINESS PROCESS NON MATERIAL WAREHOUSE STAFF
Apa
itu Jobdesk?
Sebuah
informasi tentang pekerjaan, mulai dari cakupan kerja, tugas, wewenang, melapor
kepada siapa, kompetensinya apa, dan lainnya. Singkatnya, Job Description
adalah sebuah daftar yang digunakan seseorang untuk mengetahui tugas, fungsi,
atau tanggung jawab posisi tertentu.
Job
desc memiliki beberapa komponen, yaitu :
1. Job Information
Berisi judul jabatan dan identitas jabatan.
2. Primary job role
Menjelaskan mengapa posisi ini diadakan dan bagaimana
posisi ini berhubungan dengan posisi lainnya.
3. Dimention
Menjelaskan tentang Ukuran dan Skala Bisnis yang
berada di bawah pengawasannya.
Mencakup beberapa indikator sbb :
·
Pengaruh cakupan geografis
· Target
keuangan
·
Jajaran produk yang dikelola
· Segmen
pelanggan yang dikelola
·
Bawahan yang dikelola
4. Key accountabilities
· Elemen
ini diperlukan untuk mencapai Primary Job Role.
· Identifikasikan 6-8 tanggung jawab utama yang
berkontribusi terhadap kepentingan organisasi, meliputi :
o Keuangan
o Pelanggan
o Internal
Bisnis Proses
o
Pengembangan Organisasi dan Proses Pembelajaran
5. Performance measurement
Berisi hasil kuantitatif dan kualitatif Tanggung Jawab
Utama.
Syarat penulisan :
· Adanya
skala pengukuran yang jelas
·
Menggunakan kata benda
6. Reporting relationship
Mencakup bagan yang menunjukkan struktur departemen
dan hubungan internalnya.
7. Knowledge & Skill
Merupakan ringkasan kualifikasi minimum berkaitan
dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja profesional yang
diperlukan jabatan. Bukan menggambarkan apa yang dimiliki pemegang jabatan saat
ini.
8. Relationship
Menunjukkan hubungan internal dan eksternal yang perlu
dikelola oleh pemegang jabatan.
9. Decision making
Kewenangan untuk menentukan suatu keputusan tanpa
bantuan atasan.
Ada 3 bidang keputusan :
·
Keputusan strategis
·
Keputusan operasional
·
Keputusan SDM
Apa
itu business process?
Proses bisnis
adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait
untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau
yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu
proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut
sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.
Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di
dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
Non
Material Warehouse Staff adalah bagian dari General Affair yang berada dalam
ruang lingkup departemen HRD.
Apa
itu HRD?
HRD
adalah kepanjangannya Human Resource Departement yang artinya secara harfiah
Bagian Sumber Daya Manusia yang dalam bahasa Indonesia secara umum diartikan
sebagai Bagian Personalia. HRD (Human Resources of Development) Manager ini
mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :
a. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan
dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam
hal
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk
pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang
berlaku di perusahaan.
b. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang
berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta
mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan
uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai
berikut:
a. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan
mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta
bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
b. Bertanggung jawab terhadap perencanaan,
pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang
dibutuhkan oleh perusahaan.
c. Melaksanakan seleksi, promosi,
transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
d. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan,
pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental,
keterampilan dan pengetahuan karyawan
sesuain dengan standard perusahaan.
e. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang
berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan
dan bonus.
Apa
itu General Affair?
General
Affair adalah bagian umum (general affair) merupakan tangan kanan operasional
dari Departemen HRD, karena beberapa pekerjaannya sangat membantu kelancaran
operasional dan merupakan tugas-tugas pelayanan di bidang SDM. Bahkan di
beberapa perusahaan besar atau sedang (terutama bidang industri yang padat
karya), GA juga menangani permasalahan Hubungan Industrial (Industrial
Relation) baik untuk menyelesaikan masalah internal (kekaryawanan) maupun
masalah dengan lingkungan sekitar lokasi pabrik/perusahaan (eksternal).
Apa
itu Non Material Warehouse Staff?
Non
material warehouse staff adalah bagian dari General affair yang bertanggungjawab
atas pengadaan barang dan jasa yang mendukung seluruh aktivitas operasional
kantor dan melakukan pemeliharaan asset fisik kantor serta bekerjasama dengan bagian
bisnis, operasional dan keuangan untuk melakukan pengelolaan anggaran atas
biaya pengadaan barang/jasa, pemeliharaan serta biaya-biaya lain yang terkait
Tugas
Pokok dan Tanggung jawab:
a. Melakukan kontrol stock barang-barang
keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan, dsb.
b. Bertangung jawab atas keluar masuknya
barang- barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat Kebersihan, dan
barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun luar kantor.
Jobdesk
Non Material Warehouse Staff dapat di lihat di sini :
Business Process Non Material Warehouse Staff dapat dilihat disini :
Transaksi Business Non Material Warehouse Staff dapat dilihat disini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar