Kamis, 28 November 2013

JOBDESK , BUSINESS PROCESS dan TRANSAKSI BISNIS




JOBDESK DAN BUSINESS PROCESS NON MATERIAL WAREHOUSE STAFF


Apa itu Jobdesk?

Sebuah informasi tentang pekerjaan, mulai dari cakupan kerja, tugas, wewenang, melapor kepada siapa, kompetensinya apa, dan lainnya. Singkatnya, Job Description adalah sebuah daftar yang digunakan seseorang untuk mengetahui tugas, fungsi, atau tanggung jawab posisi tertentu.

Job desc memiliki beberapa komponen, yaitu :

1.       Job Information

Berisi judul jabatan dan identitas jabatan.

2.       Primary job role

Menjelaskan mengapa posisi ini diadakan dan bagaimana posisi ini berhubungan dengan posisi lainnya.

3.       Dimention

Menjelaskan tentang Ukuran dan Skala Bisnis yang berada di bawah pengawasannya.

Mencakup beberapa indikator sbb :

·         Pengaruh cakupan geografis

·         Target keuangan

·         Jajaran produk yang dikelola

·         Segmen pelanggan yang dikelola

·         Bawahan yang dikelola

4.       Key accountabilities

·         Elemen ini diperlukan untuk mencapai Primary Job Role.

·         Identifikasikan 6-8 tanggung jawab utama yang berkontribusi terhadap kepentingan organisasi, meliputi :

o    Keuangan

o    Pelanggan

o    Internal Bisnis Proses

o    Pengembangan Organisasi dan Proses Pembelajaran

5.       Performance measurement

Berisi hasil kuantitatif dan kualitatif Tanggung Jawab Utama.

Syarat penulisan :

·         Adanya skala pengukuran yang jelas

·         Menggunakan kata benda

6.       Reporting relationship

Mencakup bagan yang menunjukkan struktur departemen dan hubungan internalnya.

7.       Knowledge & Skill

Merupakan ringkasan kualifikasi minimum berkaitan dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja profesional yang diperlukan jabatan. Bukan menggambarkan apa yang dimiliki pemegang jabatan saat ini.

8.       Relationship

Menunjukkan hubungan internal dan eksternal yang perlu dikelola oleh pemegang jabatan.

9.       Decision making

Kewenangan untuk menentukan suatu keputusan tanpa bantuan atasan.

Ada 3 bidang keputusan :

·         Keputusan strategis

·         Keputusan operasional

·         Keputusan SDM



Apa itu business process?

Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.



Non Material Warehouse Staff adalah bagian dari General Affair yang berada dalam ruang lingkup departemen HRD.


Apa itu HRD?

HRD adalah kepanjangannya Human Resource Departement yang artinya secara harfiah Bagian Sumber Daya Manusia yang dalam bahasa Indonesia secara umum diartikan sebagai Bagian Personalia. HRD (Human Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :

a.      Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam

hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.

b.      Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.

Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai berikut:

a.      Menyusun, merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan

b.      Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

c.      Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.

d.      Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan  karyawan sesuain dengan standard perusahaan.

e.      Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.



Apa itu General Affair?

General Affair adalah bagian umum (general affair) merupakan tangan kanan operasional dari Departemen HRD, karena beberapa pekerjaannya sangat membantu kelancaran operasional dan merupakan tugas-tugas pelayanan di bidang SDM. Bahkan di beberapa perusahaan besar atau sedang (terutama bidang industri yang padat karya), GA juga menangani permasalahan Hubungan Industrial (Industrial Relation) baik untuk menyelesaikan masalah internal (kekaryawanan) maupun masalah dengan lingkungan sekitar lokasi pabrik/perusahaan (eksternal).



Apa itu Non Material Warehouse Staff?

Non material warehouse staff adalah bagian dari General affair yang bertanggungjawab atas pengadaan barang dan jasa yang mendukung seluruh aktivitas operasional kantor dan melakukan pemeliharaan asset fisik kantor serta bekerjasama dengan bagian bisnis, operasional dan keuangan untuk melakukan pengelolaan anggaran atas biaya pengadaan barang/jasa, pemeliharaan serta biaya-biaya lain yang terkait

Tugas Pokok dan Tanggung jawab:

a.      Melakukan kontrol stock barang-barang keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan, dsb.

b.      Bertangung jawab atas keluar masuknya barang- barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat Kebersihan, dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun luar kantor.


Jobdesk Non Material Warehouse Staff dapat di lihat di sini :



 
Business Process Non Material Warehouse Staff dapat dilihat disini :


Transaksi Business Non Material Warehouse Staff dapat dilihat disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar