Selasa, 22 Oktober 2013

RANGKUMAN ADEMPIERE WORKFLOW - CHAPTER 9



TUGAS 1 ERP
RANGKUMAN ADEMPIERE -  3.4 – ERP – SOLUTION CHAPTER 9
ADEMPIERE WORKFLOW (ALUR KERJA)

Workflow (Alur kerja) didefiniskan sebagai langkah demi langkah aktifitas untuk menyelesaikan tugas baik orang maupun sistem. Sebagai default, semua dokumen di ADempiere (contohnya Permintaan pembelian, pesanan pembelian, kuitansi MM, dsb) secara otomatis dapat di-workflowkan, dan workflow standar mudah untuk diperluas atau dimodifikasi.
Pada bab ini juga membahas tentang konsep dan contoh implementasi dari berbagai macam Adempiere workflow seperti :
·              Mengenal general workflow
·              Mengenal tentang Adempiere workflow
·              Dokumen proses workflow
·              Dokumen value workflow
Yang akan dijabarkan mengenai isi di dalam nya , panduan , danlangkah langkahnya.
Untuk memperkenalkan workflow, kita akan berusaha menentukan tipe umum dari workflow. Karena semua node2 (titik2) yang dieksekusi di dalam workflow ini membutuhkan interaksi pengguna, tidak ada yang dapat dilakukan secara internal oleh ADempiere saat memproses workflow ini.
Kita mengatur aktifitas melalui node2 di dalam workflow ADempiere. Di dalam aktifitas ini, kita mengatur sebuah aksi (tindakan). Saat pemrosesan node2,kita mengatur siapa yang bertanggung jawab untuk melaksanakan aktifitas ini.
Kita  mengikuti hal ini dengan studi kasus, yang menunjukkan bagaimana mengatur sebuah persetujuan workflow yang menggunakan aksi pilihan pengguna (User Choice action). Kita menyediakan informasi tentang bagaimana ADempiere menemukan seorang yang bertanggung jawab untuk mengatur aksi persetujuan.
Kita memantau perkembangan dari workflow. ADempiere menyediakan sebuah jendela Proses Workflow (Workflow Process window). Saat pemantauan , Kita juga dapat mengadakan pembatalan dari workflow yang sedang berjalan.
Selanjutnya, kita memperluas contoh kita, untuk menggunakan sebuah notifikasi email, mengeksekusi tipe proses aplikasi dari sebuah node., dan mengatur sebuah variabel. Kita mengungkapkan bagaimana mengkonfigurasi tipe node ini, dan memberikan sebuah contoh tentang bagaimana workflow ini bekerja.
Dalam penyimpanan data atau dokumen di dalam sistem ADempiere, system mempunyai fitur untuk memantau nilai baru yang disisipkan atau diperbarui. Berdasarkan nilai ini, kita dapat memulai aktivitas workflow. Kita menyebut prosedur ini sebagai workflow Nilai Dokumen (Document Value workflow).
Ada 2 jalan untuk mengkonfigurasi document value workflow, dan kita melihat keduanya.Kita akan membahas tentang capabilitas info dan pelaporan (Info and Reporting capabilities) pada bab selanjutnya. Bab tersebut akan menjelaskan bagaimana mendapatkan informasi dan bagaimana mengkonfigurasi laporan pada ADempiere.

PDF dan Dokumen dapat disedot disini gan :

1 komentar: